Memiliki Citarasa yang Manis, Berikut Ini Tips dalam Menyimpan Buah Naga yang Benar

Sebagai salah satu negara tropis, sangat mudah sekali untuk menjumpai berbagai jenis buah-buahan di Indonesia. Salah satu jenis buah tropis yang cukup banyak ditemukan di Indonesia adalah buah naga. Buah yang satu ini umumnya banyak dijual di pasar tradisional, supermarket, maupun toko buah. Di Indonesia, buah naga sudah banyak dibudidayakan oleh petani lokal dan tidak tergolong sebagai buah musiman.

Pengertian Buah Naga

Sesuai dengan namanya, buah naga memiliki sisik yang timbul keluar menyerupai sisik pada naga. Ciri khas lainnya, buah naga memiliki kulit luar yang berwarna merah keunguan maupun merah muda. Berdasarkan warna daging buahnya, ada dua jenis buah naga yang perlu Anda ketahui, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Meskipun memiliki warna daging yang berbeda, baik itu buah naga merah maupun putih memiliki kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda. Ciri-ciri lain dari buah naga adalah banyaknya biji berwarna hitam di dalam daging buahnya. Buah naga berasal dari jenis tanaman kaktus dan masih satu marga dengan Selenicereus dan Hylocereus.

Kandungan Dalam Buah Naga

Buah naga menjadi salah satu jenis buah yang rendah akan kalori. Dalam 100 gram buah naga saja setidaknya hanya terdapat kandungan kalori sebesar 60 Kal. Selain itu, buah naga tidak mengandung lemak. Namun meskipun demikian, ada banyak sekali kandungan gizi di dalamnya yang sangat bagus sekali jika dikonsumsi. Sebut saja mulai dari vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, magnesium, zat besi, kalsium, dan antioksidan.

Manfaat Kesehatan dari Buah Naga

Karena berbagai kandungan nutrisi di dalamnya itulah yang membuat buah naga sangat layak untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi buah naga, akan ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  1. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Menjaga kesehatan pencernaan.
  3. Bagus untuk kesehatan jantung.
  4. Membantu memenuhi kebutuhan serat harian tubuh.
  5. Menekan peradangan sendi.
  6. Membantu mengatasi kerusakan sendi.
  7. Membantu menjaga berat badan.

Tips Menyimpan Buah Naga

Agar buah naga lebih tahan lama, ada beberapa tips dalam menyimpannya, yaitu:

  • Masukkan dalam kantong plastik terlebih dahulu sebelum menyimpannya di lemari es.
  • Hindari memotong buah naga apabila tidak segera dihabiskan dalam satu waktu.
  • Untuk buah naga yang sudah terlanjur dipotong, masukkan dalam wadah kedap udara terlebih dahulu sebelum menyimpannya di freezer.
  • Hindari mengonsumsi buah naga yang warnanya sudah berubah menjadi kecoklatan dan teksturnya lembek.

Mengingat buah akan lebih bagus dikonsumsi saat masih segar, maka sebaiknya beli buah naga yang kondisinya memang fresh. TaniHub bisa menjadi tempat belanja terbaik bagi Anda yang menginginkan buah dan sayur segar. Berbelanja di TaniHub bisa secara online melalui website maupun aplikasinya, sehingga lebih mudah dan praktis. Dengan berbelanja di TaniHub, ada sederet keunggulan yang akan Anda dapatkan, yaitu:

  • Produk segar dan berkualitas baik, karena dipanen langsung dari petani Indonesia.
  • Sebagai wujud dukungan untuk pertanian dan perekonomian lokal.
  • Layanan pengantaranya yang cepat.
  • Memiliki metode pembayaran yang mudah digunakan.
  • Adanya layanan hubungan pelanggan selama 7 hari.
  • Mendukung kepuasan pelanggan.
  • Ada banyak promo menarik setiap minggunya, sehingga bisa menghemat pengeluaran belanja.

Selain menjual beraneka buah dan sayur segar, TaniHub juga menyediakan berbagai bahan makanan lainnya, seperti bumbu masakan, telur & unggas, ikan, kebutuhan memasak, sembako, dan masih banyak lagi. Untuk saat ini, TaniHub melayani pembelian online di area Jabodetabek, Bandung-Sumedang, Surabaya-Malang-Pasuruan, Yogyakarta-Solo-Semarang, serta Bali saja. Dan tentunya akan menyusul di daerah atau kota-kota lainnya di Indonesia.